Jumat, 17 Februari 2012

Mendongeng Itu Baik

Sebagai bagian sastra lisan maka dongeng adalah kebiasaan para nenek dan orang tua kita jaman dulu, biasanya sebagai pengantar tidur malam hari. Kini mungkin para guru TK atau play group mulai mendongeng sebagai salah satu metode mengajar.

Dongeng adalah cerita berdasar ingatan pendongeng maka kelemahannya adalah daya ingat, namanya juga sastra lisan jika terlalu lama tidak disebarluaskan maka akan mengendap dan akan timbul versi baru penambahan atau pengurangan cerita. Sebagai tradisi asli sastra lisan warga nusantara  maka dongeng lestari selama beberapa abad sampai kemundurannya sekarang. Mengapa orang tua sekarang malas mendongeng? Mungkin beberapa hal, terutama mengenai kebiasaan, jika dilihat maka orang tua sekarang suka budaya atau seni tontonan, bisa menonton televisi atau bioskop, Keduanya adalah budaya cangkok yang dari luar. Berbeda dengan wayang yang asli tradisi nusantara.

Maka sebagai bagian seni budaya instan televisi dan bioskop semakin menggeser budaya lisan mendongeng, ini semakin menurunkan daya ingat pelestari dongeng manakala mereka juga tidak mewariskan kepada anak cucu bahwa mendongeng itu baik, apalagi jika dihubungkan sebagai bagian karakter bangsa, Maka mendongenglah karena mendongeng itu baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seratus Tahun Kesunyian Legiun Asing Dan Secangkir Kopi

Bowo seorang pemuda yang merasa lapar dan ingin makan. Bowo berjalan-jalan mencari tempat yang cocok untuk menutupi keinginannya tersebut. S...